Di Bawah Naungan Keikhlasan

Alhamdulillah, hari Sabtu sore kemarin aku sempat memanfaatkan waktuku pada sebuah acara di kampus yang diadakan oleh pengurus EDSA. dimana nama acara tersebut adalah "EDSA Waroeng Ilmoe (EWI)" dengan temanya "Di Bawah Naungan Keikhlasan". mereka mengundang seorang Pak ustadz (sekaligus Dosen yang sudah lama kenal seluk-beluk Universitas kami) yang bernama Husein Dahlan, usianya 68 tahun, dan katanya beliau sudah 5 kali berpartisipasi dalam pemilu di Indonesia.
well, mengenai pembahasan dalam EWI kali ini tentu saja mengenai keikhlasan. Pak Husein membawakan ceramahnya dengan sangat ringan dan ngena sekali pada kami, khususnya padaku secara pribadi. dan aku (serta beberapa Mahasiswi lainnya) pun sempat mencatat hal-hal penting (yang nantinya akan bisa dibaca kembali) dari 'kuliah'nya Pak Husein Dahlan tersebut. bahkan ada 10 kiat dalam mencapai kesuksesan dengan menjadikan keikhlasan sebagai landasannya. maka, berikut adalah kiat-kiatnya (secara singkat) :) check i t out!

  1. harus didasari iman : nah, yang masih ku ingat dari poin pertama ini adalah "setiap perbuatan baik mustilah didasari iman, diniatkan hanya untuk Allah SWT. jikalau ada seorang manusia yang selalu berbuat baik, namun ia tidak mempertuhankan Allah SWT, maka pahala dari amal-amalnya tersebut hanyalah berupa fatamorgana."
  2. ilmu : gunakanlah pula ilmu yang baik untuk keberhasilan serta kehidupan di masa depan.
  3. hubungan / jaringan : ini adalah salah satu hal yang paling penting untuk meraih kesuksesan, sebab dengan adanya jaringan / hubungan / silaturahmi (bahasa kunonya) yang baik, maka kesuksesan itu sendiri akan lebih mudah dicapai sebab ada banyaknya link atau relasi yang bisa membantu kita mencapai kesuksesan.
  4. daya saing : selalu "berlomba-lombalah dalam kebaikan, berlomba-lombalah untuk menang" pula. :)
  5. gagal (sunatullah) : sebab tidak setiap usaha akan langsung berhasil. selalu ada kejatuhan di setiap langkah dan usaha, Allah SWT ingin kita lebih kuat, lebih tegar, dan lebih banyak berusaha lagi. dan tak lupa untuk mendirikan tameng "siap kalah namun tidak putus asa". :)
  6. mengatur waktu : orang yang sukses adalah orang yang mampu mengatur dan mengorganisir waktu dalam hidupnya.
  7. disiplin : dengan pandai mengantur serta mengorganisir waktu, maka kita akan bisa disiplin terhadap apapun. disiplin waktu, disiplin kegiatan, dsb.
  8. berjiwa seni : (nah, ini ni yang mungkin tidak ada padaku) sebab Allah itu indah dan menyenangi keindahan maka ada baiknya pula kita sebagai makhluknya juga mampu berlaku secara indah, nyeni begitu, tidak kaku begitu. :|
  9. sehat : hm, jika kesemua poin diatas tadi sudah mampu dijalani, maka jangan sampai lupa dengan kesehatan tubuh sendiri. sebab tanpa kesehatan dari Allah SWT kita tak 'kan mampu (atau tak 'kan bisa) berkegiatan secara maksimal. jika ada salah satu saja bagian tubuh yang dirasa sakit, sudah bisa dipastikan kita tak akan merasa nyaman untuk berkegiatan. benar? :)
  10. Do'a :) : absolutely. :)

well, ku pikir rangkuman 'kuliah' dari Pak Husein Dahlan tersebut diatas sudah cukup terang. semoga para Surfers tidak kesulitan memahaminya, ya. :)
anyway, itu adalah 10 kiat yang sangat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin sukses dengan berlandaskan ilmu-ilmu keislaman tentunya. semoga Allah SWT selalu mempermudah kita dalam mencapai kesuksesan yang tak hanya di dunia, namun juga di akhirat. aaamiiinnn. :)


Comments

Popular Posts