Titipan dari Pantai Greweng, Tepus, Gunungkidul

Dek, sebegininya kah seseorang yang sangat ingin sekali mencari ketenangan diri dan hati? Berusaha mencari dan menemukan sebuah tempat terasing di muka bumi dan memilikinya sendiri, menguasainya sepenuhnya. Bahkan mampu menguatkan diri dan hati menantang maut untuk mencapainya.

Dek, ternyata membelah pelosok Gunungkidul pada malam hari seperti ini sangat menyenangkan sekali. Ada bertubi-tubi kejadian yang menghiasi perjalanan kami malam ini. Bahkan kami sempat menyela sebuah perayaan 1 Muharram di salah satu daerah entah. Perayaan itu berbentuk pasar tradisional. Masyarakatnya ikut berpartisipasi di dalamnya. Tampak pula seorang penari tradisional. Aku sempat melihatnya. Menyenangkan sekali. Mudah-mudahan perjalanan ini juga menyenangkan, ya.

Dek, terkadang kelelahan diri dan bathin mampu membuat seseorang menjadi egois. Bahkan ia mampu mengungkapkan keegoisannya dengan sangat mudah sekali.

Dek, mudah sekali cara untuk membahagiakan hati sendiri. Salah satunya adalah dengan melihat banyak orang menyantap lahap hidangan makanan yang kau sajikan untuk mereka.

Dek, ada banyak sekali bintang-bintang yang terlihat di pantai ini. Miliaran jumlahnya. Jika berbaring dan melihat ke langit gelap, kau seolah-olah mabuk akan bintang-bintang tersebut. Bahkan malam ini, aku melihat 2 buah bintang jatuh melintas di atas sana. Mengejutkan sekali. Apakah kau juga pernah menikmati keindahan serupa ini?

Dek, langit siang hari di sini sangat biru. Kosong tanpa awan.

Dek, aku dapat melihat mentari terbit setelah tersangkut-sangkut aku mendaki bebatuan cadas bukit ini. Terbitan mentari yang berdampingan dengan lautan lepas di sana benar-benar menenggelamkanku, berpikir tentangmu.

Dek, bulu mataku jatuh satu tadi. Apakah kau yang sedang merindukanku? Well, aku juga rindu padamu. Senang sekali malam ini kita akan bertemu.

Dek, tak ada banyak serpihan kerang di pantai ini. Padahal aku ingin menghadiahimu satu. Akhirnya aku menemukan satu yang apik. Akan segera ku hadiahkan kepadamu. Mohon diterima, ya!

Dek, senyum paling manis paling indah adalah senyuman yang terasa ringan di hati dan wajah. Apabila hatimu terasa ringan ketika kau tersenyum, maka itu adalah senyuman yang manis, senyuman yang indah.


Pantai Greweng, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta
13 - 14 Oktober 2015

Comments

Popular Posts