Yes, This Is The End :)

I told you before, this is the end.

Setiap orang pasti berubah (entah berubah sifat, berubah sikap, berubah tindakan, berubah pikiran, mungkin juga berubah rasa), dan kitalah yang harusnya bisa menemukan refleksi diri kita sendiri. Kita tak perlu merasa tak terima, lalu sedih dan marah hanya tesebab teman, atau orang yang sudah lama dekat dengan kita entah ape pasalnya berubah, tak seperti biasa-biasanya kepada kita. itu tak masalah. sebab semua orang mesti berubah, bagaimanapun. termasuk diri kita sendiri.
Sebab orang biasanya masih ingin terus mencari dan menemukan tempat dan orang-orang yang tepat untuk mereka berbagi waktu dan moment. Sebab orang biasanya hanya ingin waktu untuk bersendirian. Sebab orang biasanya ingin kita merubah cara pandang kita terhadap sesuatu. Sebab mungkin orang ingin menunjukkan kita suatu hal yang baik, dengan cara yang mungkin tak bisa kita terima keberadaannya.
Tak apa, itu tak masalah, it's not a big deal at all. Right? :)
Yang perlu kita lakukan adalah:

  • Ikhlas. orang lain punya kehidupannya masing-masing, tak harus selalu sesuai dengan cara pandang dan cara hidup kita. orang a.k.a manusia adalah makhluk yang merdeka.
  • Berikan waktu padanya. like i said, perhaps people only need their own time, to be alone with themselves, so do us. semoga dengan memberikan waktu bersendirian padanya, ia akan benar-benar leluasa menggunakannya.
  • Berusaha untuk tetap ada. maksudnya: kita tak menjauhi orang-orang -yang hanya ingin waktu sendirian- tersebut hanya karena mereka berlain sikap, tak ada bicara dengan kita, dan (seolah-olah) tak ada waktu untuk kita. kita tetap ada untuk mereka, tetap beredar di sekitar mereka, hanya lebih dibatasi.
  • Berkaca pada diri sendiri. terkadang, dengan merasakan ketidak-nyamanan akan perubahan sikap seseorang terhadap kita itu bisa kita jadikan bahan untuk kita 'berkaca' pada diri sendiri, pada hati sendiri tentang kemungkinan-kemungkinan yang sekiranya mungkin terlibat dalam perubahan sikap seseorang tersebut. :| intinya: introspeksi diri, koreksi diri, mawas diri.
Lantas apa hubungannya dengan 'akhiran-akhiran' yang belakangan sering aku umbar? adalah. :)

Beberapa hari ini Alhamdulillah aku belajar banyak hal. termasuk keempat langkah di atas tersebut. tak masalah. sebab aku belajar dari apa yang selama ini ku pikir benar dan aman. aku belajar untuk menentukan satu-dua hal dari banyak hal. aku belajar mengikhlaskan satu hal. aku belajar untuk terus mawas diri.
Tak masalah. semua ada waktunya. Allah sudah mempersiapkan waktu serta kesempatan yang baik dan tepat untuk segala hal-hal baik yang kita inginkan. Allah tau mana yang baik untuk umat-Nya. Allah ingin aku (dan kita) untuk terus mempelajari ilmu-ilmu baik-Nya. :)
Berakhir bukan berarti selesai, berakhir hanya untuk memulai sesuatu yang baru, memulai sesuatu yang baik dari awal lagi. memulai sesuatu yang baru dengan hati yang lapang, hati yang ikhlas, hati yang diserahkan hanya untuk Allah semata.

Wallpapers wide

Comments

Popular Posts